Do'a dan Dzikir pada Malam dan Hari Jum'at 1


Pada malam dan hari Jum'at, dianjurkan untuk memperbanyak membaca al-Qur'an, dzikir, do'a dan sholawat kepada Rosululloh Shollallôhu 'alayhi wasallam. Dianjurkan juga membaca surat al-kahfi pada setiap hari Jum'at. Imam asy-Syâfi'i rohimahullôh dalam kitab al-Umm mengatakan, bahwa disunnatkan membaca surat al-Kahfi tersebut pada malam Jum'at.


Dalam kitab Shohîh al-Bukhôriy dan Shohîh Muslim, diriwayatkan dari Abû Hurayroh rodhiyallôhu 'anhu, bahwa Rosululloh Shollallôhu 'alayhi wasallam menceritakan tentang hari Jum'at, Beliau bersabda, "Pada hari Jum'at terdapat waktu, tidaklah seorang hamba muslim berdiri melaksanakan sholat bertepatan dengan waktu itu, memohon sesuatu kepada Alloh Ta'âla, kecuali Alloh akan memberikan (apa yang dimohonkan) itu kepadanya.


Para ulama, baik salaf maupun kholaf, berbeda pendapat tentang waktu ini, hingga terdapat banyak sekali pendapat yang dikemukakan. Di antara beragam pendapat tersebut adalah pendapat sebagian besar sahabat yang mengatakan, bahwa waktu ijabah terjadi setelah ashar.


Diriwayatkan dari Anas Rodhiyallôhu 'anhu, bahwa Nabi Shollallôhu 'alayhi wasallam bersabda, "Barangsiapa siapa pada pagi hari Jum'at sebelum sholat shubuh membaca:


أسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذي لا إِلهَ إِلاَّ هُوَ الحَيَّ القَيُّومَ وأتوب إليه


"Aku memohon ampunan kepada Alloh, yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya." sebanyak tiga kali, maka Alloh akan mengampuni dosa-dosanya walaupun seperti buih di lautan."


Diriwayatkan dari Abu Hurayroh Rodhiyallôhu 'anhu ia berkata, bahwa Rosululloh Shollallôhu 'alayhi wasallam apabila memasuki masjid pada hari Jum'at ia memegang kedua kayu pada sisi pintu, kemudian bersabda:


اللَّهُمَّ اجْعَلْني أوْجَهَ مَنْ تَوَجَّهَ إلَيْكَ، وأقْرَبَ مَنْ تَقَرَّبَ إِلَيْكَ، وأفْضَلَ مَنْ سألَكَ وَرَغِبَ إِلَيْكَ


Ya Alloh, jadikanlah aku orang yang paling menghadap kepada-Mu, orang yang paling mendekatkan diri kepada-Mu, dan orang yang paling utama dalam meminta dan mencintai-Mu.


Diriwayatkan dari 'Aisyah Rodhiyallôhu 'anha ia berkata, Rosululloh Shollallôhu 'alayhi wasallam bersabda, "Barangsiapa setelah sholat Jum'at membaca qul huwallôhu ahad, qul a'ûdzu birobbil falaq dan qul a'ûdzu birobbin nâs sebanyak tujuh kali, maka Alloh 'azza wa jalla akan memeliharanya dari keburukan sampai Jum'at berikutnya."


Disunnatkan memperbanyak dzikir kepada Alloh setelah melaksanakan sholat Jum'at. Alloh Subhânahu wa ta'âla berfirman:

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ


Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Alloh dan ingatlah Alloh banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS. al-Jumu'ah [62]: 10)

ــــــــــــــــــــــــــــــــ
Referensi: al-Adzkâr halaman 169-171
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...