Mengenal Kitab Jauharoh at-Tauhid (جوهرة التوحيد)


Jauharoh at-Tauhid (جوهرة التوحيد) adalah salah satu karya asy-Syaikh al-Imam Ibrohim al-Laqqoni (w. 1041 H / 1632 M) yang paling terkenal dibandingkan dengan karya-karyanya yang lain. Nama lengkap Imam al-Laqqoni adalah Ibrohim bin Ibrohim bin Hasan bin 'Ali bin 'Abdul Quddus bin Muhammad (seorang wali yang terkenal) bin Harun al-Laqqoni al-Maliki al-Mishri.

Kitab tauhid yang berbentuk nazhm ini memuat aqidah islamiyyah dengan mengikuti manhaj Asya'iroh (Asy'ariyyah), yaitu salah satu manhaj ahlus sunnah wal jama'ah (selain maturidiyyah) yang disandarkan kepada Abul Hasan al-Asy'ari rohimahulloh (w. 324 H/936 M). Imam al-Laqqoni menyusun kitab ini dalam satu malam berdasarkan isyaroh dari gurunya Abul 'Abbas asy-Syarnubi.

Asy'ariyyah dan Maturidiyyah adalah faham aqidah yang sering disebut dengan ahlus sunnah wal jama'ah. Kedua golongan ini dianut oleh sebagian besar masyarakat muslim dunia khususnya di Indonesia, karena kesesuaiannya dengan manhaj salaf ash-sholih (sahabat, tabi'in dan tabi' at-tabi'in) yaitu mendasarkan setiap keyakinan dalam bidang tauhid kepada dalil naqli (al-Qur'an dan as-sunnah) sebagai sumber ajaran Islam. Di samping itu para ulama Asy'ariyyah menambahkan dalil-dalil 'aqli untuk memperkuat dalil naqli tersebut. Hal ini memang tidak dilakukan oleh ulama salaf, mereka hanya menggunakan dalil naqli dalam menetapkan aqidah islamiyyah. Keberadaan dalil naqli dipandang sebagai hal yang penting dengan dasar istihsan menyusul bermunculannya sekte-sekte (firqoh) dalam bidang aqidah, seperti mu'tazilah dan ahli filsafat (falasifah).

Berikut beberapa syarh kitab Jauharoh at-Tauhid:
1. 'Umdah al-Murid
2. Talkhis at-Tajrid
3. Hidayah al-Murid
semuanya ditulis oleh mu'allif jauharoh at-Tauhid, Syaikh Ibrohim al-Laqqoni.
4. Fath al-Qorib al-Majid karya Syaikh 'Abdul Barr bin 'Abdulloh al-Ajhuri (w. 1020 H)
5. Taqrib al-Ba'id, Syaikh 'Ali at-Tamimi al-Muakhkhir.
6. Syarh Jauharoh at-Tauhid karya Syaikh Ahmad ash-Showi (w. 1241 H)
7. Tuhfah al-Murid karya Syaikh Ibrohim bin Muhammad al-Bajuri (w. 1277 H), Syaikh Jami' al-Azhar.
8. al-Manhaj as-Sadid karya Syaikh Muhammad al-Hanifi al-Halabi (w. 1342 H)
9. Bughyah al-Murid karya Syaikh Ibrohim al-Marghoni (w. 1349 H), mufti Maliki pada Majlis Syar'i negara Tunisia.

Referensi: Tahqiq Taqrib al-Ba'id ila Jauharoh at-Tauhid, al-Habib bin Thohir.
FB Comments
0 Blogger Comments

0 comments:

Posting Komentar

Home